Kamis, 01 Juli 2010

PENGERTIAN FILSAFAT ISLAM DAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

A. Pendahuluan
Filsafat merupakan sebuah disiplin ilmu yang utuh dan ilmu yang ada saat ini seperti psikologis, sosiologis, antropologis dan lainnya adalah merupakan sub-sub disiplin ilmu dari filsafat yang kemudian menjadi sebuah mandiri akan tetapi tetap masih menginduk kepada filsafat.
Filsafat Islam merupakan filsafat yang seluruhnya cendekianya adalah muslim. Ada perbedaan besar antara filsafat Islam dengan filsafat lain. Pertama, meski semula filsuf-filsuf muslim klasik menggali kembali karya filsafat Yunani terutama Aristoteles dan Plotinus. Namun kemudian menyesuaikannya dengan ajaran Islam. Kedua, Islam adalah agama tauhid. Maka bila dalam filsafat lain masih mencari Tuhan dalam filsafat Islam justru Tuhan sudah ditemukan.
Filsafat pendidikan Islam merupakan terapan filsafat Islam di bidang pendidikan. Pendidikan Islam itu merupakan suatu kajian secara filosofis mengenai masalah yang terdapat dalam kegaitan pendidikan yang berdasar pada Al Qur’an dan Al Hadist sebagai sumber primer.

B. Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan kami bahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana pengertian filsafat Islam?
2. Bagaimana pengertian filsafat pendidikan Islam?
3. Apakah tujuan dan manfaat filsafat pendidikan?
C. Pembahasan
1. Pengertian Filsafat Islam
Sebelum sampai kepada definisi filsafat Islam terlebih dahulu kami akan memberikan makna filsafat yang berkembang di kalangan cendekiawan muslim.
Menurut Musthofa Abdur Razik pemakaian kata filsafat di kalangan umat Islam adalah kata hikmah. Sehingga kata hakim ditempatkan pada kata failusuf atau hukum Al Islam / (hakim-hakim Islam) sama dengan failusuf Islam.
Al Farabi berkata failusuf adalah orang yang menjadikan seluruh kesungguhan dari kehidupannya dan seluruh maksud dari umurnya mencari hikmah yaitu mema’rifati Allah yang mengandung pengertian mema’rifati kebaikan.
Ibnu Sina mengatakan hikmah adalah mencari kesempurnaan diri manusia dengan dapat menggambarkan segala urusan dan membenarkan segala hakekat baik yang bersifat teori maupun praktek menurut kadar kemampuan manusia.
Istilah filsafat dapat ditinjau dari dua segi :
a. Segi Semantik
Kata filsafat dari kata bahasa Arab falsafah, yang berasal dari bahasa Yunani, philosophia yang berarti philos : cinta dan sophia : pengetahuan, hikmah jadi philosophia berarti cinta kepada kebijaksanaan atau kebenaran.
b. Segi Praktis
Dilihat dari pengertian praktisnya, filsafat berarti alam pikiran atau alam berpikir. Berfilsafat artinya berpikir. Namun tidak semua berpikir berarti berfilsafat.
Dengan kata lain filsafat adalah ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakekat kebenaran segala sesuatu.
Sampailah kita pada pengertian filsafat Islam yang merupakan gabungan dari filsafat dan Islam. Dapat disimpulkan bahwa filsafat Islam adalah suatu ilmu yang dicelup ajaran Islam dalam membahas hakekat kebenaran segala sesuatu.
Pengertian filsafat Islam menurut pendapat para tokoh :
a. Menurut Mustofa Abdur Razik, filsafat Islam adalah filsafat yang tumbuh di negeri Islam dan di bawah naungan negara Islam, tanpa memandang agama dan bahasa-bahasa pemiliknya. Pengertian ini diperkuat oleh Prof. Tara Chandra bahwa orang-orang Nasrani dan Yahudi yang telah menulis kitab-kitab filsafat yang bersifat kritis atau terpengaruh oleh Islam sebaiknya dimasukkan ke dalam filsafat Islam.
b. Dr. Ibrahim Madzkur mengatakan : Filsafat Arab bukanlah berarti bahwa ia adalah produk suatu ras atau umat. Meskipun demikian, saya mengutamakan menamakannya filsafat Islam, karena Islam bukan akidah saja, tetapi juga sebagai peradaban.
c. Menurut Mauric de Wild, Emik Brehier dan Lutfi As Sayid menyebutkan dengan filsafat Arab. Pada pendapat yang menyebutkan filsafat Arab, beralasan bahwa filsafat itu ditulis dalam bahasa Arab.

2. Pengertian Filsafat Pendidikan Islam
Untuk sekedar memperjelas pengertian filsafat pendidikan, penulis kutipkan pengertian filsafat pendidikan menurut para ahli :
a. Menurut Prof. Imam Barnadip, MA, Ph.D
Filsafat pendidikan adalah ilmu pendidikan yang bersendikan filsafat atau filsafat yang diterapkan dalam usaha pemikiran dan pemecahan mengenai masalah pendidikan.
b. Menurut Mohammad Noor Syam
Filsafat pendidikan sesuai dengan peranannya merupakan landasan filosofis yang menjiwai seluruh kebijaksanaan dan pelaksanaan pendidikan. Pendidikan harus secara fundamental didasarkan atas asas-asas filosofis dan ilmiah yang menjamin pencapaian tujuan yakni meningkatkan perkembangan sosio budaya bahkan martabat, kewibawaan dan kejayaan negara.
Dari beberapa pengertian filsafat pendidikan menurut para ahli di atas dapat disimpulkan : Filsafat pendidikan adalah disiplin ilmu yang mempelajari hakekat pendidikan.
Islam, sebagai agama yang sempurna, mengatur cara mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan akherat. Salah satu cara untuk mendapatkan kebahagiaan tersebut yakni dengan mengatur masalah pendidikan. Sedangkan sumber untuk mengatur kehidupan di dunia dan akherat tak lain adalah Al Qur’an dan Al Hadits.
Setelah mengikuti uraian di atas kiranya dapat kita ketahui bahwa filsafat pendidikan Islam merupakan kajian secara filosofis mengenai masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan yang didasarkan pada Al Qur’an dan Hadits.
Dengan demikian, Filsafat Pendidikan Islam dapat dikatakan filsafat pendidikan yang berdasarkan ajaran Islam atau filsafat Pendidikan yang dijiwai ajaran Islam.

3. Tujuan dan Manfaat Filsafat Pendidikan
Adapun tujuan filsafat pendidikan adalah mempelajari dan memahami hakekat pendidikan dan berusaha mengadakan penyelesaian masalah kependidikan secara filosofis.
Sedangkan manfaat filsafat pendidikan adalah :
a. Membentuk akhlak yang mulia
b. Mempersiapkan kehidupan di dunia dan akhirat
c. Menumbuhkan ruh ilmiah dan kepuasan pengetahuan, tidak mengkaji ilmu bukan sekadar ilmu.
D. Kesimpulan
Dari pembahasan masalah ini, dapat penulis simpulkan bahwa :
1. Filsafat Islam adalah gabungan filsafat dan Islam. Dapat disimpulkan bahwa filsafat Islam adalah filsafat yang dijiwai dan disemangati nilai-nilai ajaran Islam.
2. Filsafat Pendidikan Islam adalah filsafat pendidikan yang dijiwai oleh nilai-nilai ajaran Islam yakni berdasarkan Al Qur’an dan Al Hadits.
3. Filsafat pendidikan bertujuan memahami tentang hakekat pendidikan dan menyelesaikan masalah kependidikan secara filosofis.
Sedangkan manfaat filsafat pendidikan adalah membentuk akhlak mulia, mempersiapkan kehidupan dunia akherat serta menumbuhkan ruh keilmuan.

DAFTAR KEPUSTAKAAN

Musthofa, Filsafat Islam (Bandung : Penerbit Pustaka Setia, 2004), 9, 18.
Barnadib, Filsafat Pendidikan (Yogyakarta:Penerbit Yayasan FID IKIP, 1987), 7.
Moh. Noor Syam, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila (Surabaya : Penerbit Usaha Nasional, 1983), 39.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar